PENGANTAR STATISTIKA, RONALD E. WALPOLE

Judul/Title: Pengatar Statistika
Penulis/Author: Ronald E. Walpole
Penerbit/Publisher:Gramedia Pustaka Utama
Edisi/Edition:1997
Halaman/Pages:515
Dimensi/Dimension: 24 x 17.5 x 2.5cm
Sampul/ Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa/Rent
Harga/Price: Rp. 80.000,-
Call No.: 88.313/Wal/p/C.1
Status: Ada/Available

***

Edisi ketiga Pengantar Statistika ini dimaksudkan sebagai buku pegangan bagi mahasiswa dalam semua bidang studi baik sosiologi, psikologi, ekonomi, administrasi bisnis, atau bidang ilmu pengetahuan alam. Pengetahuan aljabar sekolah menengah atas sudah cukup menjadi bekal untuk dapat memahami konsep-konsep dasar statistika deskriptif dan inferensia yang diuraikan.

Konsep statistika deskriptif disatukan dalam tiga bab pertama. Untuk melengkapi pemahamannya, uraian tentang persentil, kuartil, dan desil telah diperluas sehingga mencakup baik data yang dikelompokkan atau yang belum dikelompokkan. Dalam bab 4 diperkenalkan konsep dasar teori peluang dengan menggunakan notasi himpunan. Pengenalan peubah acak dan nilai harapannya serta peluang diskret dan kontinu berikut sifat-sifat yang mencirikannya dibahas dalam bab 5.

Pengenalan pada beberapa peluang diskret diberikan dalam Bab 6, kemudian diikuti dengan pembahasan tentang sebaran normal dalam Bab 7. Dan selanjutnya pembahasan diatas secara otomatis membawa kita kepada pembahasan tentang teori penarikan contoh, teori pendugaan, dan pengujian hipotesis, masing-masing dalam bab 8, 9, dan 10. Bab 11 menyajikan teknik-teknik umum penyesuaian kurva yang kemudian diikuti dengan pembahasan teori regresi dan uraian yang diperluas tentang analisis korelasi berikut ujinya dan mengenai korelasi parsial dan ganda. Pengenalan pada analisis ragam yang diperluas dengan mencakup rancangan kelompok dan bujursangkar Latin disajikan dalam Bab 12. Bahan-bahan tentang uji-uji nonparametrik terdapat dalam bab terakhir buku ini.

1 comment: